Julius Ondang Beri Materi Webinar Kadis Pendidikan se-Sulut

Bitungnews.com, Bitung – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung, Julius Ondang, memberikan materi Best Practice Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh, Serta Program PAUD Holistik Integratif , yang diselenggarakan Direktorat PAUD Dikdasmen, Kementerian Pendidikan, pada  Kamis 16/7/2020.

Webinar yang diikuti oleh Kepala Dinas Pendidikan se Provinsi Sulawesi Utara, serta para Kabid PAUD di masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Terpilihnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung, Julius Ondang sebagai pemateri karena telah memiliki Perda Pendidikan dan Perwako tentang Pengembangan PAUD.

Apalagi Walikota Bitung, Max Lomban telah mengukuhkan Satgas Penanggulangan Covid 19 di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Satgas Covid 19 Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung telah membuat Standar Operasional (SOP) Sistem Pembelajaran Jarak Jauh, terkait pandemi Covid 19.

” Satgas Covid 19 bidang Pendidikan dan Kebudayaan di Tahun ajaran baru 2020/2021, bekerja maraton dengan menerbitkan panduan sistem pembelajaran jarak jauh Daring maupun Luring,” kata Julius Ondang.

Setiap sekolah yang ada di Kota Bitung harus mengadopsi SOP Sistem Pembelajaran Jarak Jauh, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19.  Sebagai tindak lanjut, setiap sekolah diwajibkan untuk membentuk Satgas Covid 19 di tingkat sekolah.

” Kami sangat serius dalam menghadapi pandemi Covid 19, agar tidak menyebar dan membahayakan ank didik maupun guru, karena kesehatan dan keselamatan kami utamakan,” tegas Ondang.

Berbagai pertanyaan muncul dalam webinar yang diikuti oleh Kadis Pendidikan se Sulut. Seperti Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kepulauan Talaud, Andrison Taarega dan Kadis Pendidikan Kab. Bolaang Mongondow Timur, Yusri Damopolii, yang menanyakan kesulitan sejumlah wilayah yang tak terjangkau oleh jaringan internet.

” Kami di Kota Bitung juga tak semua tercover jaringan internet, seperti di Kecamatan Lembeh Utara dan sebagian Kecamatan Aertembaga. Oleh karena itu, kami membuat panduan sistem Luring, di sejumlah titik dengan menggunakan protokol Kesehatan Covid 19,” tambah Ondang.

Tak hanya itu, menurut Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung, Julius Ondang,  masih banyak siswa sekolah di Kota Bitung yang belum memiliki perangkat komunikasi berbasis android, sehingga masih memberlakukan sistem Luring, dengan protokol kesehatan Covid 19, yakni jaga jarak, rajin cuci tangan, serta menggunakan masker.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.