PDAM Kota Bitung Butuh 300 M Untuk Pasok 24 Jam

Bitungnews.com, Bitung- Komisi III DPRD Kota Bitung, menggelar rapat kerja, dengan PDAM Dua Saudara, pada Senin,  9/3/2020. Rapat Kerja tersebut mencari solusi terhadap berbagai masalah pasokan air bersih.

” Kami akui, meskipun kota ini banyak sumber air namun pasokan air bersih belum cukup, ini karena instalasi PDAM dibangun sejak tahun 70-an, maka banyak kebocoran,” kata Direktur PDAM, Raymond Luntungan.

Sejumlah anggota DPRD menanyakan keluhan warga mengenai pelayanan PDAM. Karena masih banyak rumah tangga yang belum terlayani Perusahaan Daerah tersebut. Namun masih terus menambah jumlah pelanggan.

” Masih banyak rumah tangga di bagian atas jalan 46 di Kecamatan Madidir dan Maesa, belum mendapat pasokan air bersih dari PDAM. Kalaupun ada, tapi sering mati airnya,” kata Hasan Suga.

Direktur PDAM Kota Bitung, Raymond Luntungan mengatakan, butuh investasi ratusan miliar, untuk memasok kebutuhan air selama 24 jam kepada para pelanggan.

” Kami membutuhkan investasi sebesar 300 miliar rupiah, untuk peremajaan instalasi pipa, dan instalasi pengolahan air,” kata Luntungan.

Pemerintah kota Bitung, dalam tiga  tahun terakhir dari 2017, memberikan hibah sebesar 26 miliar.  Namun dana tersebut dikembalikan kembali ke kas daerah sebagai DID, di akhir tahun. Selama 3 tahun terakhir jumlah pelanggan PDAM bertambah lebih dari 8 ribu orang.

” Kami juga akan mendapat dana hibah sebesar 48 miliar dari Bank Dunia. Itu akan membantu perbaikan pelayanan sekitar 70 %,” tambah Luntungan.

Menurut Raymond Luntungan, PDAM Dua Saudara selama 3 tahun terakhir memperbaiki pelayanan. Bahkan manajemen PDAM Dua Saudara, lebih baik dibandingkan perusahaan di bidang yang sama di Sulawesi Utara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.