Gaghana Tabuh Tagonggong di Acara Tulude Jemaat Kendagu Ruata

BITUNGNEWS.COM, Sangihe – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe yang menghadiri Acara esta Adat Tulude yang digelar Jemaat GMIST Kendagu Ruata, Kamis (21/2), mendapat kepercayaan para sesepuh Adat untuk menjadi bagian penabuh Tagonggong (alat musik tradisional) Sangihe.

Gaghana yang mengenakan baju dan topi adat, tampak berbaur dan mengikuti irama ketukan yang dilakukan para sesepuh penabuh Tagonggong. Hal tersebut dilakukan Bupati, setelah mengikuti seluruh rangkaian perayaan pesta adat Tulude Jemaat Kendagu Ruata.

Tulude diawali dengan acara penjemputan pemimpin daerah secara adat, yang disebut “Mendangeng Sake, mendangeng Tamo Banua” yang dilanjutkan dengan acara “Menahulending” yang dipimpin langsung Ketua Sinode GMIST, Pdt Patras Madonsa MTh, dan dilanjutkan dengan pemotongan kue adat “Tamo”, oleh Abner Surati.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Ibadah yang dipimpin Ketua Jemaat Kendagu Ruata, Pdt Efraim Diamanis MTh. Dalam khotbahnya, Diamanis menyampaikan, bahwa Tulude adalah acara Teologia yang dikemas sakral berdasarkan kearifan lokal oleh leluhur yang menembus ruang dan waktu, sehingga Gereja –gereja berkewajiban melestarikannya sebagai bentuk pengucapan syukur atas kasih Allah I Geghonalangi Ruata Saruluang.

Sementara itu, Bupati Jabes Gaghana dalam sambutannya, menyampaikan penghargaan serta apresiasi atas pelaksanaan acara Tulude yang digagas GMIST Jemaat Kendagu Ruata Tahuna.

“Ini menunjukan sinergitas dan komitmen bersama antara Pemerintah dan Gereja dalam pelestarian adat dan budaya. Tulude telah menasional karena menembus Propinsi dan Kabupaten di wilayah Indonesia, karena dimanapun orang Sangihe tinggal dan berada, mereka tetap menggelar acara Tulude yang mendapat dukungan penuh oleh pemerintah setempat,” ujar Gaghana.

Buktinya pada setiap awal Tahun atau akhir bulan Januari, warga Sangihe yang berada di Papua, Kalimantan, Sumatera, DKI Jakarta dan wilayah lainnya tetap mengagendakan acara pesta adat Tulude sebagai agenda tetap untuk dilaksanakan. Pemerintah daerah.

Pemerintah akan terus mendorong Badan Adat untuk merumuskan Tata Acara Tulude yang akan menjadi panduan dalam setiap pelaksanaan Tulude kedepan agar tercipta keselarasan. Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten III Setda Olga Makasidamo, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Bagian , Camat Tahuna Timur serta para Lurah Lurah se Kecamatan Tahuna Timur, Pimpinan Gereja dan Jemaat,Tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (allen/onal)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.