Sebagian Besar Kecelakaan Laut Human Eror, PELRA Gelar BST Awak KLM

Bitung – Dewan Pimpinan Cabang Pelayaran Rakyat (PELRA) Bitung, dan Balai Diklat Pelayaran Minahasa Selatan, menggelar Basic Safety Training (Pelatihan Keselamatan Dasar), bagi ABK Kapal Layar Motor (KLM). Sebanyak 60 orang ABK mengikuti kegiatan yang dibuka pada Senin, 9/7/2018, di dermaga Pelabuhan Samudera Bitung.

Sedangkan Pelatihan Basic Safety Training tersebut berlangsung di atas Kapal Latih Laksamana Muda Jhon Lie, milik Badan Diklat Pelayaran Minahasa Selatan. Peserta pelatihan mengikuti materi kelas dan praktek secara langsung di atas kapal tersebut.

” Sesuai amanat Undang-Undang Pelayaran dan untuk mengantisipasi musibah kecelakaan kapal, kami DPC Pelra Bitung merasa sangat penting, untuk membekali anggota kami dengan Basic Safety Training,” kata Ketua DPC Pelra Bitung, Lukman Lamato.

Lukman Lamato berharap, masih ada pelatihan tahap selanjutnya karena kegiatan ini baru diikuti oleh sebagian kecil anggotanya. ” Masih ada ABK KLM yang jaga di kapal, dan sebagian besar masih berlayar di wilayah-wilayah terpencil. Sehingga kami sangat berharap dukungan semua pihak, terutama Balai Diklat Pelayaran Minahasa Selatan, untuk membantu kami dalam pelatihan gelombang selanjutnya,” tambah Lamato.

Kapala Balai Diklat Pelayaran Minahasa Selatan,Wisnu Risianto mengatakan, pihaknya ditugaskan oleh Kementerian Perhubungan dalam mendukung industri pelayaran. Karenanya pelatihan tersebut dapat digelar, sebagai bentuk kehadiran negara dalam Keselamatan pelayaran.

Kepala Bidang Keselamatan Berlayar, KSOP Bitung, Mozes Karaeng dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini sangat strategis untuk meningkatkan kualitas awak kapal. Karena Keselamatan pelayaran sangat tergantung dengan tenaga yang handal.

” Saya mewakili Kepala KSOP Bitung, memberikan apresiasi atas terobosan DPC PELRA yang menggelar BST ini. Dari data kami, sebagian besar musibah di laut akibat human eror, sehingga pelatihan ini sangat penting sebagai bekal awak kapal,” kata Karaeng.

Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy Pangemanan secara resmi membuka pelatihan BST tersebut, dengan menyematkan tanda peserta dan memberikan materi pelatihan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.