Panwaslu Ajak Masyarakat Berpartisipasi Awasi Pemilu

Bitung – Panitia Pengawas Pemilu Kota Bitung menggelar sosialisasi partisipatif tahapan Pemilu DPD,DPRD, DPR-RI dan Pilpres 2019. Acara tersebut berlangsung di Arwana Meeting Room, Hotel Nalendra, pada Kamis-Senin 21-25 Juni 2018.

” Kami menggelar sosialisasi ini per Kecamatan, agar setiap materi dan peserta yang hadir dapat lebih fokus ke masalah yang sering muncul di wilayah masing-masing, sehingga partisipasi masyarakat dalam pengawasan tahapan Pemilu meningkat,” kata Komisioner Panwaslu Kota Bitung, Risman Mantuli.

Menurut Risman Mantuli, peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam pengawasan setiap tahapan Pemilu.

” Kualitas demokrasi kita sangat tergantung partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu, karena Panwaslu memiliki keterbatasan personil. Maksudnya masyarakat ikut pro-aktif untuk segera melapor ke Panwaslu, jika terjadi penyimpangan atau pelanggaran tahapan Pemilu,” tambah Mantuli, saat memberikan materi sosialisasi untuk masyarakat Kecamatan Aertembaga.

Koordinator Divisi hukum dan Penindakan Panwaslu Kecamatan Aertembaga, Sany Kakauhe menegaskan bahwa pihaknya bukan hanya menunggu laporan masyarakat terkait pengawasan tahapan Pemilu, namun juga siap menjemput bola jika terjadi pelanggaran.

” Kami memberikan nomor telepon seluler kepada masyarakat dan siap melayani selama 24 jam. Karena kami tahu, sebagian besar masyarakat enggan menjadi pelapor dan saksi dalam pidana Pemilu. Paling tidak dengan adanya nomor telepon kami, maka Panwaslu dapat memproses pelanggaran sebagai temuan,” tambah Kakauhe.

Sekretaris Panwaslu Kota Bitung, Noldy Kalengkongan mengatakan peserta sosialisasi ini sebanyak 400 orang. ” Setiap kecamatan targetnya 50 orang, jadi untuk seluruh Kota Bitung, 8 Kecamatan ada 400 orang. Kami berharap mereka menyampaikan kepada warga lainnya untuk pro aktif dalam pengawasan tahapan Pemilu,” pungkas Kalengkongan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.