Bitung Smart City, ASN Dilarang Gaptek

Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Max Lomban dan Maurits Mantiri, sampaikan keinginan wujudkan Bitung Smart City, kepada Expert Smart City Nusantara PT Telkom, Noufal
Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Max Lomban dan Maurits Mantiri, sampaikan keinginan wujudkan Bitung Smart City, kepada Expert Smart City Nusantara PT Telkom, Noufal

Bitungnews – Pemerintah Kota Bitung, Sulawesi Utara, serius menggarap pentingnya tehnologi informasi untuk kesejahteraan warganya. Program ini untuk mewujudkan Bitung Smart City.

Untuk mewujudkan Bitung Smart City, Walikota dan Wakil Walikota, Max Lomban dan Maurits Mantiri melakukan kunjungan kerja di Plasa Telkom Jl. Gunung Sahari, Jakarta, pada Rabu 14/9/2016.

” Program Bitung Smart City, mengharuskan para PNS melek tehnologi, jika tidak, harus bersiap untuk menjadi staf atau posisi yang tidak membutuhkan IT,” kata Walikota Bitung, Max Lomban.

Menurut Walikota Bitung, kebutuhan untuk tehnologi informasi, setidaknya dapat menunjang program Pendidikan, Kesehatan dan Perijinan. ” Penggunaan IT akan memudahkan masyarakat mengakses segala informasi, sehingga akuntabilitas kinerja pemerintahan lebih baik,” tambah Lomban.

Dari pihak PT. Telkom, Satgas Smart City Nusantara, di bawah pimpinan Expert Smart City, Noufal, menyampaikan berbagai program dari  PT Telkom, untuk mewujudkan Bitung Smart City.

PT. Telkom, menyatakan siap bekerja sama dengan pemerintah Kota Bitung, mewujudkan Bitung sebagai Hub Port, Kota Tuna, dan bahkan sebagai ‘ mesin uang’  Indonesia Timur.

Ada sejumlah program yang ditawarkan PT Telkom, untuk Bitung Smart City, yakni Hi City, yang secara online dapat mudah mencari lokasi wisata, kuliner, dukungan transportasi. E-Kelurahan yang memudahkan pengurusan surat-surat, dari tingkat Kelurahan hingga Dinas terkait. E-pelaporan, yang memudahkan warga melaporkan kondisi darurat, seperti bencana, bahkan ada tombol panik di masing-masing gadget, hingga dalam hitungan menit, aparat keamanan dapat sampai di TKP. Dan masih banyak program perusahaan telekomunikasi plat merah tersebut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s