Kabar Buruk, PNS di Sejumlah Daerah Terancam Tak Terima Gaji

Menteri Keuangan, Sri Mulyani/ photo: bisnis.com
Menteri Keuangan, Sri Mulyani/ photo: bisnis.com

Bitungnews – Target penerimaan pendapatan negara tahun ini meleset dari target, hingga pemerintah pusat kekurangan dana APBN. Atas masalah tersebut, pemerintahan Jokowi melalui Permen Keuangan No. 125/ PMK.077/2016, tentang Penundaan Dana Alokasi Umum, di 169 Daerah tingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota, sebesar Rp 19,418 Triliun.

Adapun daerah yang Dana Alokasi Umumnya ditunda penyalurannya, adalah daerah yang proyeksi  saldo kas akhir tahunnya masuk kategori sangat tinggi, cukup tinggi dan sedang.

Untuk Kota Bitung, pemerintah akan ‘menunda’ sejak bulan September hingga Desember, masing-masing sebesar Rp 8,743 Miliar, atau total Rp 34,972 Miliar. Akibat ‘penundaan’ ini, Walikota Bitung, Max Lomban, menghimbau seluruh SKPD untuk mengencangkan ikat pinggang. Bahkan dalam beberapa kali kesempatan akan memotong tunjangan tambahan penghasilan PNS. ” Setiap SKPD, harus lebih efisien dalam mengelola keuangan, opsi terakhir bagi Pemkot Bitung, adalah menunda TPP, terutama bagi pejabat PNS ,” tambahnya.

Kebijakan ini membuat sejumlah kepala daerah kelimpungan, bahkan PNS di sejumlah daerah terancam tidak menerima gaji dalam 4 bulan. Padahal para PNS diangkat oleh pemerintah pusat, namun kewajibannya ditanggung oleh pemerintah daerah. Disitir dari sinarberita.com, Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman, menjelaskan bahwa penundaan DAU sangat tidak logis, karena sebagian besar DAU, untuk gaji PNS.

” Jika itu terjadi, Pemkot Bogor akan melakukan rasionalisasi anggaran, dengan cara menghentikan proyek yang tak strategis, tanpa mengganggu hak-hak PNS,” tegas Hariman.

Sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Utara, yang pembayaran DAU ditunda
Sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Utara, yang pembayaran DAU ditunda

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s