Soal THL dan PALA-RT, Tiga Fraksi DPRD Kota Bitung Bakal Ajukan Hak Angket

Anggota Fraksi Partai Demokrat, Habriyanto Ahmad, menyampaikan pendapat mengenai kasus THL, PALA dan RT
Anggota Fraksi Partai Demokrat, Habriyanto Ahmad, menyampaikan pendapat mengenai kasus THL, PALA dan RT

Bitungnews – Tiga Fraksi DPRD Kota Bitung, Sulawesi Utara,  yakni Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Gerindra, dan Fraksi Kebangkitan Nurani, secara  resmi menyatakan bakal mengajukan Hak Angket, atas persoalan rekrutmen Tenaga Honorer Lepas (THL), Kepala Lingkungan (PALA), dan Ketua RT, pada Jumat 19/8/2016.

 

Hal ini disampaikan perwakilan dari tiga fraksi tersebut, dalam Rapat Kerja DPRD dan Pemkot Bitung, di Kantor DPRD setempat. Usulan pengajuan Hak Angket, awalnya disampaikan oleh Ketua Fraksi Partai Demokrat, Ronny Boham. ” Jika SK Walikota sudah final dan tidak dapat diubah, maka kami dari Fraksi Demokrat akan mengajukan Hak Angket, atas permasalahan rekrutmen  THL, PALA dan RT,” tegas Boham.

 

Sekretaris Fraksi Kebangkitan Nurani, Tonny Yunus, mewakili fraksinya juga menyatakan mengajukan hak angket, atas masalah tersebut. Demikian juga Ketua Fraksi Gerindra, Dewi Suawa. Seorang anggota DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan, Faisal Zulkarnain, secara pribadi menyatakan dukungan terhadap usulan Hak Angket.  Karena Fraksinya, yakni Fraksi Keadilan dan Persatuan, masih akan rapat dengan pimpinannya.

 

Sesuai UU No 17 Tahun 2014, tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD,  pasal 349, Hak Angket DPRD dapat diajukan untuk menyelidiki kebijakan pemerintah daerah, yang diduga melanggar peraturan, atau kejadian luar biasa di daerah yang bersifat penting, strategis dan berdampak luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s