Fraksi Nasdem Boikot Rapat Pansus, Jika Pansus Dipimpin Anggota Dewan Non-Fraksi

Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem, Keegan Kojoh
Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem, Keegan Kojoh

Bitungnews – Fraksi Partai Nasional Demokrat, DPRD Kota Bitung, menyatakan memboikot Pembahasan 3 Ranperda oleh Panitia Khusus (PANSUS I), yang diketuai oleh Anthonius Supit. Pernyataan ini disampaikan Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem, Keegan Kojoh, pada Kamis, 4/7/2016.

” Hal ini kami lakukan sebagai bentuk protes dan kami tidak akan memulai suatu pekerjaan dari yang tidak prosedural.” tambah Kojoh.
Partai Nasdem menilai hasil pemilihan Ketua Pansus I cacat hukum dan improsedural karena yang terpilih adalah anggota DPRD Bitung non-fraksi (Anthonius Supit).  Seperti diketahui, Partai Nasdem telah memecat keanggotaan Anthonius Supit, bahkan telah mengajukan PAW kepadanya. Namun untuk Pansus II yang diketuai oleh John Hamber (Fraksi Gerindra) sudah prosedural. Karena berasal dari fraksi partai politik di DPRD Bitung.
” Jika kami biarkan ini terus terjadi, maka akan mencoreng lembaga DPRD, karena melanggar Tata Tertib DPRD Kota Bitung  yang ditandatangi pimpinan DPRD, ” jelasnya.
Fraksi Partai Nasdem mendesak agar sesegera mungkin untuk melakukan pergantian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Jika tidak diindahkan maka kami secara resmi akan konsultasi dengan Badan Advokasi Hukum (BAHU) Partai Nasdem, untuk melakukan tindakan hukum,” tegas Kojoh.
Sementara itu, Anthonius Supit, saat ditemui sejumlah wartawan di kantor DPRD Kota Bitung, mengakui statusnya sebagai anggota DPRD non fraksi. “Ya memang sudah non fraksi, namun teman-teman DPRD masih mempercayakan saya dipilih sebagai ketua meski sudah non fraksi, awalnya saya menolak untuk jadi ketua,” papar Supit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s