ABK & Buruh Pabrik Korban PHK Akan Gelar Demo, Kebijakan Menteri Susi “Lumpuhkan” Perikanan

Patung Ikan Cakalang, Ikon Kota Bitung, rencananya akan ditutup dengan kain hitam, sebagai simbol matinya industri perikanan Bitung.
Patung Ikan Cakalang, Ikon Kota Bitung, rencananya akan ditutup dengan kain hitam, sebagai simbol matinya industri perikanan Bitung.
Bitungnews- Ribuan buruh nelayan, buruh pabrik ikan dan pengusaha perikanan se-kota Bitung, Sulawesi Utara, akan menggelar demo terkait berbagai kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti, pada Senin, 7/3/2016.

” Kami sudah kehabisan akal, karena berbagai upaya telah kami lakukan, dari menemui Menteri Susi, hingga mengeluh ke DPR-RI, agar para buruh nelayan dapat bekerja kembali. Hampir setiap hari ada buruh nelayan korban PHK, tanya lowongan kerja,” kata Ketua HNSI Sulut, Hein Koyongian.

Menurutnya sekitar 2.500 orang buruh nelayan yang menjadi ABK, telah kehilangan pekerjaan, akibat kebijakan moratorium transhipment, akhir 2014. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah, seiring dengan dikeluarkannya PP No. 75 tahun 2015, tentang kenaikan Pungutan Hasil Perikanan yang menjadi sumber PNBP KKP.

” Kita belum siap dengan larangan alih muat (transhipment) karena kapal-kapal kita sebagian besar jenis purse sein, kapal jaring membutuhkan kapal penampung untuk memuat hasil tangkapan ke Pelabuhan Bitung,” timpal Ketua AKPN, DR. Rudy Walukow.

Menurut Rudy Walukow, proses perijinan di KKP saat ini berbelit-belit, sehingga banyak kapal tak melaut gara-gara ijin tak segera dikeluarkan. Permasalahan lebih kompleks lagi karena PHP naik 100%, 400% dan 1000%.

” Untuk kapal ikan 30-60 GT naik 100%, 60-100 GT naik 400%, dan di atas 100 GT naik sampai 1000%.,”tambah Walukow.

Disamping itu masyarakat perikanan Kota Bitung mencurigai, adanya monopoli untuk perairan Zona Ekonomi Eklusif atau 200 mil dari pantai terluar, karena pembatasan kapal hanya 150 GT ke bawah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s