Walone: Mekanisme Pemecatan Anthonius Supit Improsedural

Kuasa Hukum Anthonius Supit,  Nico Walone (kiri) dan Badan Advokasi Hukum Partai Nasdem, Michael Dotulong (kanan)
Kuasa Hukum Anthonius Supit, Nico Walone (kiri) dan Badan Advokasi Hukum Partai Nasdem, Michael Dotulong (kanan)
Bitungnews – Anggota DPRD kota Bitung, Sulawesi Utara, Anthonius Supit, menggugat perdata DPP, DPW, dan DPD Partai Nasdem, terkait pemecatan dirinya dari partai tersebut, dan Pergantian Antar Waktu (PAW) sebagai anggota DPRD. Kuasa hukumnya, Nico Walone, kepada bitungnews.com, menegaskan bahwa pihaknya terpaksa menggugat di Pengadilan Negeri Bitung, karena proses pemecatan dan PAW improsedural.

” Ada proses yang tidak sesuai prosedur di Partai, sehingga kami tidak melalui jalur mahkamah partai,” kata Walone.

Menurut Nico Walone, pihaknya tidak mungkin lagi menggugat melalui institusi Mahkamah Partai Nasdem, karena menganggap pemecatan dan PAW atas nama Anthonius Supit dianggap tidak sesuai dengan AD/ ART Partai Nasdem.

” Gugatan kami mengenai perbuatan melawan hukum, yang dilakukan oleh para petinggi Partai Nasdem, atas pemecatan sebagai anggota Partai dan PAW, atas nama Anthonius Supit,” tambahnya.

Sementara itu Kuasa Hukum Partai Nasdem dari Badan Advokasi Hukum Partai Nasdem, Michael Dotulong, menegaskan bahwa pemecatan dan PAW Anthonius Supit sudah sesuai dengan standar prosedur partai.

” Kami memiliki bukti-bukti kuat, yang bersangkutan mendukung Calon Walikota lain, sehingga Partai Nasdem memecat anggota yang tidak loyal kepada Keputusan Partai,” kata Dotulong.

Sejumlah petinggi Partai Nasdem menilai, gugatan Anthonius Supit di PN Bitung sebagai tindakan yang keliru. Karena masalah internal Partai seharusnya diselesaikan melalui mekanisme Partai di Mahkamah Partai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s