Andalangi PLT Sekda Kota Bitung, Humiang Ngotot Masih Sah Sebagai Sekda

Edison Humiang (kiri) klaim sebagai Sekda yang sah. Malton Andalangi, PLT Sekda versi SK Walikota
Edison Humiang (kiri) klaim sebagai Sekda yang sah. Malton Andalangi, PLT Sekda versi SK Walikota
Bitungnews- Dualisme pejabat teras di Pemerintah Daerah Kota Bitung, Sulawesi Utara terjadi. Dualisme tersebut pada jabatan Sekretaris Daerah Kota Bitung, menyusul bocornya Surat Keputusan Walikota Bitung, tentang pergantian jabatan Sekdakot dari Edison Humiang, ke Pelaksana Tugas (PLT) Sekda Kota Bitung, Malton Andalangi.

SK Walikota Bitung, yang ditandatangani oleh Wakil Walikota Bitung, Max Lomban, tertanggal 15 Januari 2016, kini beredar di kalangan aktivis dan wartawan di Kota Bitung.

” Saya masih sah sebagai Sekda Kota Bitung, penunjukan PLT Sekda improsedural, karena melanggar aturan dalam hal ini Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, ” kata Edison Humiang, kepada wartawan.

Sementara itu Kepala bagian Humas Pemda Kota Bitung, Erwin Kontu menegaskan bahwa pergantian pejabat Sekda, sudah sesuai prosedur, dan tidak melanggar Undang-undang.

” Sesuai UU ASN, jabatan Sekda dibatasi selama lima tahun, dan Pak Humiang telah menjabat Sekda Kota Bitung lebih dari lima tahun,” kata Kontu.

Dengan adanya polemik di Pemda Kota Bitung, saat ini terjadi dualisme Sekda. Yakni Malton Andalangi sebagai PLT Sekda sesuai SK Walikota dan Edison Humiang, yang masih engklaim sebagai Sekda yang sah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s