Era MEA, Satu – Persatu Investasi Asing Hengkang

Ford Indonesia akan hengkang di akhir 2016,  Panasonic dan Toshiba dikabarkan akan menyusul
Ford Indonesia akan hengkang di akhir 2016, Panasonic dan Toshiba dikabarkan akan menyusul
Bitungnews – Genderang perang ekonomi mulai ditabuh, seiring era Asean free Trade Area (AFTA) dan diperluas menjadi Masyarakat Ekonomi Asean. Sebagai imbas dari era tersebut, satu-persatu investasi multi national corporation, hengkang dari Republik Indonesia.

Satu perusahaan yang dipastikan hengkang, yakni Ford Indonesia. Salah satu raksasa otomotif tersebut telah menutup seluruh agen pemasaran di seluruh Indonesia. Sedangkan industri perakitan mobil Ford akan tutup di akhir tahun 2016. Sedikitnya 2.200 karyawan perusahaan tersebut, akan kehilangan pekerjaan.

Yang kini santer beredar yakni kabar penutupan PT. Panasonic Gobel Indonesia dan PT. Toshiba Indonesia. Dua raksasa elektronik tersebut, telah merumahkan ribuan karyawannya. Dilansir dari kompas.com, Menteri Perindustrian, Saleh Husin, mengaku kaget mendengar kabar tersebut. Lebih lanjut, Saleh Husin akan mengkonfirmasi kabar tersebut ke perusahaan-perusahaan yang telah puluhan tahun malang-melintang di Indonesia tersebut.

Rencana hengkangnya multi national corporations dari Indonesia, karena sejumlah insentif ditawarkan negara-negara ASEAN untuk melakukan investasi. Dan yang lebih penting lagi, karena lesunya pasar dalam negeri. Ford yang merupakan perusahaan otomotif, dengan spesialisasi mobil di pertambangan, nilai penjualannya sangat anjlok. Menyusul ditutupnya tambang mineral, pasir besi, mangan, nikel daln lain-lain. Dan yang terakhir larangan ekspor batu bara, sehingga bisnis angkutan dan alat berat lesu.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Said Iqbal mengatakan, jika Panasonic dan Toshiba tutup, sedikitnya 2.500 orang karyawan, akan di PHK. Jika dijumlahkan dengan penutupan Ford, hampir 5.000 pekerja yang akan di-PHK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s