Selamatkan Aset Karyawan dan Pembeli, UPI Terpaksa Harus Impor Ikan

PT. Delta Pasific Indo Tuna terpaksa harus Import bahan baku ikan dari India dan Korsel
PT. Delta Pasific Indo Tuna terpaksa harus Import bahan baku ikan dari India dan Korsel
Bitungnews – Dalam setahun terakhir, industri perikanan di Kota Bitung nyaris lumpuh. Ibarat manusia, hidup segan matipun enggan. Hal ini terjadi sebagai imbas dari kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan tentang moratorium transhipment dan kapal-kapal perikanan eks asing.

Akibat kebijakan tersebut, industri pengolahan ikan di kota yang terkenal dengan sebutan Kota Cakalang ‘koma’. Beberapa perusahaan telah mencoba untuk mengimport bahan baku dari luar negeri, namun hingga kini belum menemui hasil.

Yang terbaru PT. Delta Pacific Indo Tuna, terpaksa harus import bahan baku dari negara India dan Korea Selatan. Dalam setahun terakhir unit pengolahan ikan (UPI) tersebut hanya mampu mengolah 10 % dari kapasitas terpasang, sebanyak 100 ton/ hari.

” Kami terpaksa harus import bahan baku ikan dari India. Hal ini kami lakukan untuk menyelamatkan asset karyawan dan buyer (pembeli) ,” kata Direktur PT. Delta Pacific Indo Tuna, Abdul Khalik.

Menurut Abdul Khalik, karyawan perusahaan merupakan asset berharga, karena rekrutmen karyawan baru harus memerlukan training dan waktu untuk menyesuaikan diri dengan kinerja perusahaan. Sedangkan pembeli merupakan aset utama perusahaan, karena produksi tidak akan jalan dengan baik tanpa adanya pasar.

” Kami berkewajiban menjaga dua aset, yakni karyawan dan pembeli, sehingga kami terpaksa harus import bahan baku ikan Cakalang dan Tuna, dari India dan korea Selatan,” pungkas Khalid.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s