Efisiensi dan Efektifitas Anggaran, Pelaporan Keuangan Pemerintah 2016 Berbasis Akrual

Wakil Walikota Bitung, Max Lomban, pimpin Rakor Kinerja SKPD
Wakil Walikota Bitung, Max Lomban, pimpin Rakor Kinerja SKPD
Bitungnews – Hari pertama kerja di lingkungan Pemda Kota Bitung, Wakil Walikota Bitung, Max Lomban, menggelar Rapat Koordinasi Kinerja SKPD, di aula Balai Pertemuan Umum (BPU), Senin, 4/1/2016.

” Semua Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), harus segera memasukkan laporan keuangan, untuk penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), kata Lomban.

Menurut Max Lomban, Laporan Keuangan penting untuk segera dimasukkan, dan pimpinan SKPD tidak perlu risau jika terjadi kesalahan. Karena kesalahan laporan dapat diperbaiki.

” Pelaporan Keuangan untuk tahun 2016, berbasis akrual sehingga para pimpinan SKPD dan bendaharanya harus menyesuaikan,” tambahnya.

Laporan Keuangan berbasis akrual dapat memberikan informasi keuangan yang lebih lengkap daripada basis lainnya, terutama untuk informasi piutang dan utang pemerintah. Selain itu, laporan keuangan berbasis akrual juga menyediakan informasi mengenai kegiatan operasional pemerintah, evaluasi efisiensi dan efektivitas serta ketaatan terhadap peraturan.

Seiring dengan penerapan basis akrual untuk pelaporan keuangan, penyusunan anggaran tetap dilakukan dengan menggunakan basis kas. Hal ini berarti proses pelaporan penganggaran akan menghasilkan laporan realisasi anggaran yang tetap mengunakan basis kas, sedangkan untuk pelaporan keuangan lainnya akan menggunakan basis akrual. (Source: depkeu.go.id, kemendagri.go.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s