Jull Takaliuang: MMP Harus Segera Angkat Kaki dari P. Bangka

Terumbu Karang Pulau Bangka Rusak Akibat Reklamasi (photo:jokowinomics.com)
Terumbu Karang Pulau Bangka Rusak Akibat Reklamasi (photo:jokowinomics.com)
Bitungnews – Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Jakarta, menolak upaya banding yang diajukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT. Mikgro Metal Perdana (MMP), terkait ijin produksi perusahaan tambang bijih besi asal China, No. SK Menteri ESDM: 3109 K/30/2014, pada Jumat 18/12/2015.

Sebelumnya PTUN Jakarta Timur, mengabulkan seluruh gugatan aliansi warga Pulau Bangka, atas SK Menteri ESDM, pada 14/7/2015. Karena SK Menteri ESDM tak memenuhi seluruh syarat perundangan. Sebagai contoh, tanpa ijin Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), terkait pengelolaan Pulau kecil.

Pulau Bangka, Minahasa Utara hanya seluas 3.319 Ha.Namun PT MMP telah mengantongi ijin untuk mengeksploitasi pasir besi seluas 2.000 Ha, atau lebih dari separo. Seharusnya Pulau tersebut terlarang untuk kegiatan tambang. Pertambangan di pulau kecil tersebut dipastikan akan merusak ekosistem dan biota laut di perairan sekitarnya.

” Ini adalah hadiah Natal yang terindah buat kita semua yg tergabung di grup ‘Save Bangka Island’ (SBI) maupun masyarakat yang terus mendukung perjuangan masyarakat Pulau Bangka,” kata Direktur Yayasan Suara Nurani, Jull Takaliuang.

Menurut satu-satunya wanita Indonesia, peraih N-Peace Awards 2015 dari PBB tersebut, PT Mikgro Metal Perdana harus secepatnya mengangkut pulang semua barang yang tersisa di Pulau Bangka, atas dasar putusan PTTUN Jakarta.

” Kalaupun masih bercokol di Bangka, PT. MMP harus bertanggungjawab untuk memulihkan kembali alam Pulau Bangka yang sudah dirusak,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s