Berty Lumempouw: Kejari Bitung Harus Serius Tangani Kasus Korupsi Terminal Kayu

Pegiat anti korupsi Berty Lumempouw
Pegiat anti korupsi Berty Lumempouw

Bitungnews – Aktivis Garda Tipikor Sulawesi Utara, Berty Lumempouw, mendesak Kejaksaan Negeri Kota Bitung, untuk serius dalam menangani kasus korupsi Terminal Kayu, yang kini ditangani Polres Bitung.

Menurut Berty Lumempouw, Polres Bitung telah melimpahkan berkas dari dua orang tersangka AS dan AW ke Kejari Bitung, namun dikembalikan atau P 18. Namun hingga kini petunjuk keterangan dari Kejari Bitung (P 19) belum diterima Polres Bitung.

” Jangan sampai para tersangka kasus dugaan korupsi Terminal Kayu bebas demi hukum, karena masa tahanan habis, petunjuk dari Kejari yakni P 19 dibutuhkan segera oleh penyidik, untuk melengkapi berkas perkara tersebut,” tambah Lumempouw.

Dasar desakan dari Berty Lumempouw kepada Kejari Bitung yakni KUHAP pasal 110 ayat 2, yang berisi kewajiban Penuntut untuk memberikan petunjuk, jika hasil penyidikan tersebut kurang lengkap.

Kepala Seksi Tindak Pidana Korupsi Kejari Bitung, Heru Rustanto, SH menegaskan pihaknya tidak ada niatan untuk menghambat jalannya proses penyidikan. Namun memerlukan waktu untuk membahas secara menyeluruh, kasus dugaan korupsi yang melibatkan banyak pihak ini.

” Hari ini (Senin, 16/11/2015) kami akan kirim P 19 ke Polres Bitung, kami memerlukan waktu untuk membahas dan menyusun secara komprehensif, agar penyidik lebih mudah dalam melengkapi berkas tersebut,” kata Heru Rustanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s