Bupati Purwakarta Lindungi Kebebasan Beragama Minoritas

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, tunjukkan Surat Edaran perlindungan kebebasan beragama minoritas. (photo: Abdul Mu'it/jabarnews.com
Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, tunjukkan Surat Edaran perlindungan kebebasan beragama minoritas. (photo: Abdul Mu’it/jabarnews.com

Bitungnews – Inilah contoh Kepala Daerah yang patut diteladani oleh para Kepala Daerah lain di negeri ini. Baru-baru ini, Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mulyadi dengan berani mengeluarkan Surat Edaran tentang ” Jaminan Melaksanakan Ibadah Berdasarkan Keyakinan”. Latar belakang dikeluarkannya surat edaran tersebut, karena konflik antar umat beragama yang berkepanjangan, yang akan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Dilansir dari jabarnews.com, surat edaran No: 450/2621/KESRA, berisi pernyataan bahwa negara wajib melindungi masyarakatnya, baik secara materi seperti kesehatan, pendidikan atau pun secara non materi yaitu keyakinan beragama.

Menurut Bupati Dedi Mulyadi, inti dari Surat Edaran tersebut yakni Pemerintah dan TNI dan Polri, menjamin seluruh warga untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang diyakininya, selama tidak bertentangan denga ketertiban umum.

” Hak memeluk dan melaksanakan Ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing merupakan hak yang paling asasi dimiliki seluruh umat manusia dan dilindungi oleh negara,” tambahnya.

” Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Purwakarta memiliki pendapat yang sama, bahwa kaum minoritas yang memiliki keyakinan beragama mesti dilindungi.” Pungkasnya.

Kapan punya Kepala Daerah seperti ini …?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s