Tak Terima Gaji Dana BOS 5 Bulan, 9 Guru SD Mogok Mengajar

Siswa bermain di teras kelas
Siswa bermain di teras kelas

Bitungnews – Sebanyak delapan orang guru dan seorang operator  di SD Negeri Inpres 10, Kelurahan Kakenturan I, Kota Bitung, Sulawesi Utara, melakukan aksi mogok mengajar. Pasalnya para guru honor tersebut belum menerima gaji yang diambil dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) selama lima hingga tiga bulan.

Aksi mogok belajar para guru honorer tersebut telah berlangsung selama 2 hari. Akibat aksi mogok belajar, para siswa terlantar, dan hanya bermain di teras sekolah. Sedangkan untuk Kelas V dan VI yang terdiri dari 2 kelas A dan B, harus belajar di 1 ruang.

” Kami dengan sangat terpaksa melakukan aksi mogok mengajar, karena Kepala Sekolah SDN Inpres 10, sudah memperlakukan kami sewenang-wenang, kami sudah menjalankan kewajiban mengajar, namun hak kami sebagai pengajar tak diberikan,” kata salah seorang guru, yang enggan disebut namanya.

”  Ada yang sudah 5 bulan belum terima gaji, namun sebagian besar belum digaji selama 3 bulan, kami sebagai guru honor yang rata-rata sudah sarjana, bahkan ada yang Pasca Sarjana, sangat membutuhkan gaji tersebut meski jumlahnya kecil,” tambahnya.

Atas kejadian tersebut 9 orang tenaga pengajar di sekolah yang memiliki siswa hampir 300 orang tersebut, mengadukan nasibnya ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bitung. Para guru honor tersebut meminta Dinas Dikbud, mencopot Kepala Sekolah yang sewenang-wenang kepada mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s