KPU Putuskan Lahiya-Purukan Tak Lolos Verifikasi Berkas Dukungan

KPU Bitung jumpa pers, putuskan pasangan RL-MP Tak loos verifikasi berkas dukungan
KPU Bitung jumpa pers, putuskan pasangan RL-MP Tak loos verifikasi berkas dukungan

Bitungnews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Bitung, Sulawesi Utara, menggelar rapat pleno hasil rekapitulasi verifikasi berkas syarat dukungan dan berkas pasangan calon perseorangan Ridwan Lahiya dan Max Purukan, pada Rabu, 30 September 2015. Rapat pleno tersebut berlangsung secara tertutup, dihadiri oleh 4 orang anggota komisioner, karena 1 orang komisioner, Idhly R. sakit.

Setelah menggelar rapat pleno, KPU kota Bitung menggelar jumpa pers, yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU, Sammy Rumamby. KPU kota Bitung akhirnya tak loloskan pasangan Lahiya-Purukan sebagai pasangan calon walikota dan wakil walikota yang akan bertarung dalam Pilkada serentak, 9 Desember mendatang.

” Pasca putusan musyawarah sengketa pilkada di Panwaslu, verifikasi faktual berkas syarat dukungan oleh PPS, hanya 3188 dukungan, ditambah dengan verifikasi awal yang memenuhi syarat 8081, sehingga jumlah total dukungan hanya 11.269, padahal setiap  calon perseorangan harus mengumpulkan 21.868 dukungan,” kata Rumamby.

Selain itu berkas syarat administrasi pasangan Lahiya-Purukan dianggap tak memenuhi syarat, seperti LHKPN dan laporan pajak, karena dianggap melewati batas yang telah ditentukan oleh KPU. Sejumlah wartawan yang mengikuti acara tersebut menanyakan tentang batas verifikasi KPU yang hanya 3 hari namun ternyata molor.

” Kami melakukan verifikasi hanya 3 hari, sesuai amar putusan Panwaslu, namun putusan tersebut tak mengatur tentang rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi KPU,” kilah Rumamby.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s