Agribisnis Potensi Yang Terlupakan

Ana Laganta, pelopor Agribisnis dari Pulau Lembeh
Ana Laganta, pelopor Agribisnis dari Pulau Lembeh

Bitungnews- Kota Bitung, Sulawesi Utara, ternyata menyimpan potensi agribisnis. Saat bitungnews.com menginjakkan kaki di Pulau Lembeh, tepatnya di Pasar Kelurahan Papusungan, ternyata ada kreatifitas salah seorang warga Pulau tersebut yang menekuni agribisnis. Namanya Ana Laganta, 46 tahun.

 

Ana Laganta setiap pagi hingga sore hari menjual sayur, menariknya sayur yang dijual pedagang satu ini adalah sayur seledri yang hidup di polybag. Sangat berbeda dengan para penjual lain.

 

” Per polybag harganya Rp 10.000, kalau yang di pot harganya Rp 20.000, sehari-hari rata-rata laku 7 buah,” kata Laganta.

 

Pedagang kreatif ini mengaku menekuni usaha ini sudah 3 tahun, selama menekuni usaha tersebut belum ada bantuan dari pemerintah. Namun Ana Laganta tak patah arang, dengan tekun tetap menanam, merawat dan memindahkan sayur seledri  organik, barang dagangannya.

 

” Saya pernah nonton tv dan terinspirasi untuk menjual sayur seledri hidup, sepulang dari pasar saya merawat seledri di pekarangan rumah, karena ini mata pencaharian utama saya, ” tambah Laganta

 

Agribisnis ala Ana Laganta ini, pernah membesarkan dan membuat Almarhum Bob Sadino menjadi Bapak Agribisnis, hingga memiliki Swalayan sendiri. Pemerintah ke depan seharusnya melihat dan membantu dengan memberi pelatihan dan permodalan bagi usaha mikro semacam ini. Bagaimana menurut anda ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s