Limboto Jadi Kota Layak Anak

Bupati Gorontalo, David Bobihoe Akib,  foto bersama Presiden Joko Widodo di  Istana Bogor
Bupati Gorontalo, David Bobihoe Akib, foto bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor

Bitungnews – Kota Limboto, Kabupaten Gorontalo kembali terpilih sebagai Kota Layak Anak. Presiden RI Joko Widodo menyerahkan secara langsung kepada Bupati Gorontalo, David Bobihoe Akib, di Istana Bogor, Selasa 11/8.

 

Seleksi penganugerahan penghargaan Kota Layak Anak dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Pemda Kabupaten Gorontalo membangun sejumlah sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan anak-anak hingga mendapatkan penghargaan tersebut. Dan yang lebih penting kesadaran Masyarakat untuk memberikan perhatian lebih kepada anak-anak.

 

” Penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Gorontalo, bukan keberhasilan seorang-dua orang, atau keberhasilan David Bobihoe, karena tanpa dukungan serta partisipasi seluruh masyarakat, penghargaan ini mustahil dapat diraih,” kata Bobihoe merendah.

 

Sebagai Kabupaten  Layak Anak, saat ini Kabupaten Gorontalo memiliki sejumlah taman bermain anak, dari tingkat Desa hingga Kecamatan, serta telah membangun Taman Botanika. Di Taman Botanika anak-anak dapat bermain sambil belajar keanekaragaman hayati.

 

“Kami tak sadar ternyata penilaian utama bukan hanya infrastruktur, namun adanya Peraturan Daerah yang melindungi hak-hak anak,” tambah Bobihoe.

 

Perhatian Pemda Kabupaten Gorontalo terhadap anak terlantar, dengan pemanfaatan Rumah Singgah juga menjadi penilaian Tim juri. Apalagi setiap Kepala Desa diwajibkan melaporkan anak umur sekolah yang tidak mau sekolah lagi.

 

” Kami memberikan  reward insentif kepada Kepala Desa, atau setiap warga yang berhasil menjaring anak usia sekolah yang tidak mau bersekolah lagi,” kata Bobihoe.

 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, mengatakan pembangunan infrastruktur bagi anak-anak serta goodwill dari pemerintah daerah, diharapkan akan membentuk generasi penerus yang berkualitas.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s