MK: Bertarung dalam Pilkada, Legislator Ini Harus Mundur

Ilustrasi/ I resign : saya mundur
Ilustrasi/ I resign : saya mundur
Bitungnews – Maurits Mantiri, Hengky Honandar, dan Anthonius Supit, dan Aryanti Baramuli, harus Mundur sebagai Legislator jika KPU tetapkan sebagai Calon Walikota atau Wakil Walikota dalam Pilkada 9 Desember mendatang.

Selain memuluskan jalan petahana untuk bertarung dalam Pilkada, Mahkamah Konstitusi juga mengabulkan uji materi UU No. 8 tahun 2015, tentang Pilkada, pasal 7 huruf s. MK menilai pasal tersebut diskriminatif, karena legislator cukup memberitahukan kepada pimpinan, untuk mencalonkan diri sebagai Kepala/ Wakil Kepala Daerah.

Oleh karena itu, anggota DPR-RI, DPD-RI, DPRD harus mundur sebagai legislator, jika KPU telah menetapkan sebagai Calon Gubernur/ Wakil, Bupati/ Wakil, Walikota/ Wakil, yang akan bertarung dalam Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Seperti diketahui khalayak kota Bitung, para Legislator yang digadang-gadang maju dalam Pilkada kota Bitung yakni: Maurits Mantiri (DPRD/ PDIP), Hengky Honandar (DPRD/ Demokrat), Anthonius Supit (DPRD/ NASDEM), Aryanti Baramuli (DPD-RI).

Para kandidat tersebut harus mundur sebagai anggota Dewan, jika KPU secara resmi menetapkan mereka sebagai Calon Walikota atau Wakil Walikota. (source: mahkamahkonstitusi.go.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s