Meski Tanpa Hasil, Basarnas Hentikan Operasi Pencarian Korban Pesawat Jatuh

Salah satu tim sar lagi membersihkan alat robot dalam air
Salah satu tim sar lagi membersihkan alat robot dalam air
Bitungnews – Meskipun tanpa hasil, Kepala Basarnas Manado, Marsono menyatakan, operasi pencarian 2 korban pesawat jatuh di perairan Desa Kema, Minahasa Utara dihentikan, alasan penghentian operasi pencarian terhadap 2 orang korban pesawat Elang Nusantara Air yakni standar operasi (SOP) basarnas.

Pencarian terhadap 2 orang korban pesawat PK – ELR, tipe Trush 510 yakni, pilot Ronny Djasril dan mekanik Fian Sofian telah memasuki hari ke 7, basarnas secara resmi menghentikan pencarian terhadap korban pesawat karena selama 7 hari pencarian korban maupun serpihan pesawat belum ada yang diketemukan.

Dua robot selam yang ikut dikerahkan kesulitan menembus kuatnya arus serta dalamnya perairan di Desa Kema, Minahasa Utara, yang diduga sebagai lokasi jatuhnya pesawat, tim sar gabungan hingga hari ke 7 juga belum mengetahui secara pasti dimana titik koordinat pesawat jatuh, karena pencarian yang dilakukan selama ini hanya berdasarkan penglihatan saksi mata.

Kepala Basarnas Manado, Marsono mengakui seluruh potensi SAR dari sejumlah Kabupaten Kota di Sulawesi Utara, TNI, Polri, yang selama 7 hari telah dikerahkan untuk melakukan pencarian terhadap 2 orang korban pesawat jatuh di perairan tersebut, meskipun telah dihentikan.

Dan kami mengharap kepada seluruh nelayan yang tinggal di Desa Kema, apabila menemukan serpihan pesawat ataupun yang lain, asalkan itu itu berhubungan dengan pesawat Elang Nusantara Air, segera melaporkan ke Basarnas atau kepemerintah setempat, jelas Marsono.

Sementara itu, juru bicara (Jubir) Maskapai Penerbangan PT Elang Nusantara Air, Nuryanto mengatakan, pihaknya masih tetap akan melanjutkan pencarian, namun pihak perusahaan belum dapat memastikan waktu pencarian dihentikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s