Lomban Menerima Kunjungan Tim ATL

Lomban dan Pudentia
Lomban dan Pudentia
Bitungnews – Wakil Walikota Bitung, Maxmilian J Lomban, dalam sambutannya pada pembukaan Seminar Internasional dan Festival Tradisi Lisan IX, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) bekerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) kantor Walikota Bitung.

Disamping itu, Lomban sangat prihatin jika generasi muda malu atau berusaha menyembunyikan identitas dirinya sebagai anak – anak yang mampu menguasai bahasa daerah, menurutnya, kota Bitung yang memiliki latar belakang budaya yang beragam mulai dari Minahasa, Sangihe, dan berbagai jenis suku lainnya yang tinggal di Bitung.

Generasi muda seharusnya tetap bangga, dan selalu menunjukkan identitas dirinya, serta menjujunjung tinggi harga dirinya sebagai anak muda bangsa yang kaya akan budayanya masing-masing. Tutur Lomban

Ketua Umum ATL Dr. Pudentia MPSS, mengatakan bahwa tujuan seminar ini adalah memberikan perhatian pada tradisi lisan dan komunitasnya, yang termasuk dalam kelompok minoritas, memperhatikan berbagai potensi tradisi lisan, sebagai salah satu sumber utama penciptaan karya kreatif, dan menghidupkan tradisi lisan.

Lomban berharap, lewat seminar ini bisa dapat menyelamatkan dan melindungi budaya tradisi lisan yang merupakan warisan leluhur anak bangsa yang sangat berharga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s