Tim Gabungan Kepolisian Menggelar Operasi Lumba – Lumba

delapan kapal ikan yang ditahan
delapan kapal ikan yang ditahan
Bitungnews – Gabungan aparat Kepolisian Densuskrim Mabes Polri, Polda Sulut dan Mapolres Bitung menggelar operasi Lumba – Lumba, yang mana operasi ini telah menangkap 8 Buah kapal penampung ikan dan juga kapal pancing milik pengusaha – pengusaha kaya di Kota Bitung.

Penangkapan 8 Buah kapal yang dilakukan oleh tim gabungan kepolisian, tanpa alasan yang kurang jelas, serta mendapat tekanan dari pihak Asosiasi Kapal Perikanan Nasional ( AKPN ) Bitung, yang melihat bahwa tangkapan yang dilakukan tim gabungan ini merugikan pemilik – pemilik kapal dan juga menghambat pemasukan Investor daerah.

Kepala AKPN Bitung, Rudy Walukow mengatakan, dirinya sangat kecewa dengan penagkapan ini, dan akan menyurat ke Gubernur Sulawesi Utara dan Presiden, bahwa penangkapan ini menghambat kegiatan pelaku usaha dan juga perekonomian daerah, sampai – sampai kapal yang lain takut masuk ke Kota Bitung lantaran tindakan yang tidak sesuai hukum.

Tangkapan 8 Buah kapal ikan hanya karena masalah administrasi dan juga masalah Surat Ijin Berlayar ( SIB ), kenapa harus diperlakukan seperti ini, kayak seperti pelaku ilegal fishing, justru dalam aturan sudah diatur, yang mana nelayan nasional atau nelayan Indonesia wajib dilindungi dan diberi perlindungan serta pengamanan bagi semua aparat yang bertugas dilaut. Tutur Rudy

Dari 8 Buah kapal yang ditahan oleh Tim Densuskrim Mabes Polri dan Polda Sulut adalah, (KM) Muda Hasil 05, Km Muda Hasil 15, KM Mentari 168, KM Tarsius 13 Tangkoko, KM Matahari 01, KM Jerusalem, KM Yaffe dan KM Dioskuri 09. “ dari Kedelapan kapal ikan, ada yang beberapa kapal diduga melakukan penyelewengan BBM Bersubsidi, dan beberapa kapal yang lainnya hanya permasalahan administarasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s