Pol Air Polda Sulut Menangkap Kapal Muat BBM Minyak Tanah

Mengankan barang bukti dalam gudang
Mengankan barang bukti dalam gudang
Bitungnews – Polisi Perairan Polda Sulut, kelurahan Tandurusa Bitung, menangkap salah satu Kapal mengangkut BBM Minyak Tanah diperairan Laut Tumbak, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Utara. (09/08)

Kapal yang mengangkut BBM sebanyak 13.000 Liter (13 Ton), dalam kemasan Galon dan Drum ini adalah Kapal KMN Sinar Usia, dimana Nahkodanya bernama Said Saadin dan juga ABK biasa sekitar 4 Orang.

Kapal KMN Sinar Usia yang berlayar dari Bacan, Kabupaten Halmahera dengan tujuan Tumbak, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Utara, diperiksa oleh Patroli Pol Air tidak memiliki Dokumen Kapal sama sekali, malahan Anggota Pol Air menemukan kapal tersebut mengangkut BBM berjenis Minyak Tanah cukup banyak.

Dari hasil pemeriksaan yang jelas dilaut, Kapal KMN Sinar Usia, serta saksi dan barang bukti dibawa ke dermaga Direktorat Pol Air Polda Sulut, di Kelurahan Tandurusa Bitung, untuk diproses sesuai dengan Hukum yang ada, sedangkan pemilik barang tersebut masih dalam pendalaman, diduga modus dari BBM yang berjenis Minyak Tanah ini akan dijual dengan harga Non Subsidi kemasyarakat Tumbak, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Utara.

Direktur Pol Air Polda Sulut, Kombes Pol. Hero Bachtiar, mengakui penyeludupan BBM bersubsidi asal Maluku Utara semakin kian maraknya. “ Disparitas harga di wilayah yang masih Bersubsidi dengan daerah yang sudah mengkonversi Minyak Tanah ke Gas, sehingga menjadi penyebab utama aksi penyeludupan tersebut,” tegasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s