Gempa Berkekuatan 5,2 Richter, Kembali Mengagetkan Warga Kota Bitung

Informasi Metorologi Maritim
Informasi Metorologi Maritim
Bitungnews – Gempa bumi kembali terjadi di Kota Bitung, Kali ini gempa berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) menggoyang Kota Bitung, pagi dini hari sekitar pukul 03.56 Wita. (18/06)

Gempa yang berkekuatan 5,2 Richter ini, membuat warga yang sedang menonton Piala Dunia panik dan berhamburan lari keluar rumah, dan gempa ini tidak merusak fasilitas bangunan yang ada di Kota Bitung.

Berdasarkan informasi yang dilansir laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bitung, pusat gempa berada di lokasi 42 Km Tenggara Bitung, kedalaman 34 Km dari permukaan tanah.

Pihak BMKG menyatakan, gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami, namun warga tetap lebih waspada, menjaga adanya gempa susulan.

Cuaca untuk minggu kedepan ini masih sangat cenderung, berawan hingga hujan di Kota Bitung, karena di pengaruhi oleh adanya pusat tekanan rendah yang ada di sebelah Selatan Jepang atau di Utara bagian Indonesia, sehingga masa udara yang tertarik di sana membentuk pemicu pertumbuhan awan profentik di bagian Sulawesi Utara.

BMKG Kota Bitung, Ricky Daniel Aror, menghimbau, kepada seluruh Nelayan, lebih berhati – hati dengan adanya gelombang tinggi yang mencapai Dua stengah meter di bagian Utara Halmahera, dan bisa mencapai Dua meter di Laut Maluku, serta perairan Sangihe Talaud.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s