Buruh Bongkar Muat Kecelakaan, dan Mengalami Patah Kaki Bagian Kanan

bitungnews – Usman Laiya (45), warga RT 09 Lingkungan 2 Kelurahan Bitung Barat I, terpaksa terbaring dan tak bisa kemana-mana. Pasalnya, saat melakukan bongkar muat KM Budi Indah di dermaga PT Multi Nabati Sulawesi (MNS) Bitung, 23 Maret 2014 lalu, kopra sebanyak 21 koli terlepas jari jaring/net. Dan atas keterangan saksi di lokasi ada 5 koli kopra dengan berat hampir 350kg jatuh tepat menimpa kaki kanannya (21/05)

Pertolongan kemudian diberikan oleh pihak kontraktor di dalam MNS dan membawa buruh TKBM TUKS ke RS Budi Mulia. Sayangnya, dia rs ini ia hanya dilayani 1 hari saja. Keesokan harinya, ia dipindah ke RS Manembo-nembo. Selama 3 hari dia dirawat di RS Manembo-nembo, ia kemudian dipindah ke Gorontalo oleh pihak kontraktor bongkar muat dengan alasan akan mendapatkan pelayanan pengobatan tradisional. Sekitar 2 bulan lebih tanpa pelayanan kesehatan yang memadai, Laiya kemudian kembali ke Bitung dan meminta agar dirinya diberikan jaminan kesehatan yang lebih layak.

Sementara itu, Pengurus Koperasi Maritim, lembaga usaha yang mengurusi kegiatan bongkar muat di dermaga PT MNS tempat Usman Laiya mengabdi, menjelaskan bahwa pihaknya selalu memberikan dan menjamin pelayanan kesehatan yang layak kepada anggotanya seperti Laiya.

Wati, salah satu pengurus Koperasi Maritikm menegaskan bahwa pihaknya siap menerima Pak Usman bekerja kembali, kapan saja Laiya datang kepada pihaknya. “Kami tetap menerima beliau untuk kembali bekerja, itu jaminan kami. Selama Pak Usman menjalani perawatan, selalu kami berikan perhatian dan tunjangan, melalui mandor kerjanya Pa Ye, silahkan dicek ke beliau benar atau tidak informasi yang kami sampaikan,” ujarnya tegas.
Tentang akan diposisikan di bagian mana, Wati menegaskan bahwa ada bagian pekerjaan baru yang akan diselami badan usahanya. Sekiranya, jika Usman susdah sembuh, maka akan di kerjakan pada bagian yang baru dimaksud tadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s