Cuaca Buruk, Sulawesi Utara Siaga Bencana

Cuaca Buruk, pohon tumbang rusak rumah warga di Kelurahan pateten Tiga (ardan gala)
Cuaca Buruk, pohon tumbang rusak rumah warga di Kelurahan pateten Tiga (ardan gala)
Bitungnews – Cuaca buruk melanda wilayah Provinsi Sulawesi Utara, di Manado banjir mengepung hampir di semua Kecamatan di wilayah ibukota Provinsi tersebut. Dikampung Ternate Baru air kini sudah mencapai hampir 2 meter, dikabarkan tribun Manado, 70 orang terjebak di lokasi langganan banjir tersebut. Praktis hanya wilayah Kairagi yang masih aman dari kepungan banjir.

Di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow, gelombang pasang menghantam wilayah pesisir Kecamatan poigar, akibatnya tanggul penahan ombak di lokasi tersebut rusak. Puluhan rumah di pesisir pantai terseret gelombang pasang.

Sedangkan di kabupaten minahasa Utara, sebuah rumah di desa Sawangan tertimbun tanah longsor, seorang penghuni, meninggal dunia tertimpa tanah longsor. Korban telah dievakuasi dan disemayamkan di rumah keluarga tak jauh dari lokasi longsor.

Di Bitung, hujan deras selama lebih dari 12 jam yang melanda kota tersebut menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Salah satu pohon yang tumbang berada di Kelurahan Pateten III. Pohon tumbang merusak rumah keluarga Aneta – Harun. Pohon tumbang terjadi saat 8 orang penghuni rumah berteduh di rumah tersebut. ” Torang semua langsung keluar rumah ketakutan,” kata Jelly Harun.

Pemilik rumah mengeluarkan semua barang berharga dan dititipkan ke rumah kerabatnya. hal ini dilakukan untuk memudahkan evakuasi pohon yang tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. ” Kerugian akan kami hitung setelah pohon kami evakuasi,” kata lurah Pateten tiga, Ridwan Sambayang. (ardan gala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s