Rusuh Palopo, Polisi Mengaku Kecolongan

Water Canon padamkan kebakaran di Kantor Walikota Palopo/ photo: Awaluddin/ antara
Water Canon padamkan kebakaran di Kantor Walikota Palopo/ photo: Awaluddin/ antara

Bitungnews, Palopo – Kerusuhan yang meluluh lantakkan Kota Palopo, Sulawesi Selatan, menurut polisi, sama sekali tidak diperkirakan. Massa mengamuk setelah mendengar pengumuman hasil sidang pleno Komisi Pemilihan Umum pada Minggu, 31 Maret 2013.

Ratusan massa yang berasal dari kubu pendukung pasangan calon yang dinyatakan kalah, membakar sejumlah fasilitas publik seperti Kantor Walikota, Kantor Panwaslu, Kantor Dinas Perhubungan, Kantor Camat Wara Timur dan Kantor Golkar Golkar. Kantor Harian Palopo Pos juga dibakar.

Sebelumnya, KPU Palopo menetapkan pasangan Judas Amir-Ahmad Syarifuddin (JA) sebagai pemenang pemilihan walikota dengan perolehan 37.469 suara. Adapun rivalnya, pasangan Haidir Basir-Thamrin Jufri (HATI) meraih 36.731 suara. Selisih antara keduanya hanya 738 suara.

Kepala Polisi Resort Palopo, Ajun Komisaris Besar, Endang Rasyidin, mengaku prihatin dengan kondisi itu. Dia mengaku kecolongan lantaran petugas berkonsentrasi di KPU.

Endang mengatakan, massa yang tidak puas dengan hasil pilwalkot seharusnya mengikuti proses yang ada. Dia mengatakan, saat ini Palopo dalam keadaan siaga satu. ” Kami sudah meminta tambahan pengamanan 2 SSK Brimob Polda Sulsel,” katanya.

Dia mengimbau kepada massa untuk tetap tenang. Massa yang mencoba berbuat anarkis akan ditindak oleh petugas. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini namun satu orang diamankan pihak kepolisian karena diduga sebagai provokator.

Dalam mengamankan pilwalkot Palopo, Polres Palopo diback up oleh tiga Polres tetangga dan Kodim 721. Termasuk Brimob Baebunta. Hingga pukul 16.00 wita, keadaan Palopo sudah kondusif. (Source: antara/tempo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s