Pasar Girian Segera Direlokasi, Pedagang Minta Kemudahan Transportasi

pasar sageratBitungnews – Pemerintah Kota Bitung menggelar sosialisasi untuk merelokasi Pasar Girian ke Pasar Induk Sagerat, di Kelurahan Sagerat Weru 2 Kecamatan Matuari. Ratusan Pedagang antusias mengikuti acara tersebut. Sosialisasi tersebut dipimpin oleh Asissten 1 bidang pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Fabian Kaloh SIP MSi, Asisiten II bidang ekonomi dan pembangunan Dahlia Kaeng, Serta Kadis Pasar Drs Arnold Karamoy.

Dihadapan ratusan pedagang, Fabian Kaloh berjanji akan mengutamakan sebanyak 714 pedagang, yang kini masih tercatat di Pasar Girian.” Penempatan Pasar Induk Sagerat diprioritaskan bagi para pedagang yang terdaftar serta berjualan di Pasar Girian, bukan untuk pedagang dadakan,” tegas Kaloh.

Menurut Fabian Kaloh,pasar Girian saat ini sudah sangat tidak layak dan nyaman untuk bertransaksi. Kemacetan lalu lintas di area Pasar Girian, merupakan pemandangan sehari-hari bagi masyarakat kota Bitung.

“Dengan perkembangan Kota Bitung yang semakin pesat dibarengi dengan jumlah penduduk yang semakin besar, kita membutuhkan infrastruktur pasar yang memadai, Pasar Induk Sagerat diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pedagang,” timpalnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pasar Arnold Karamoy menngungkapkan bahawa infrastruktur pendukung Pasar Induk sagerat siap digunakan para pedagang.” Di pasar Induk Sagerat tersedia aliran listrik, toilet serta fasilitas kesehatan yang lebih representatif, dibandingkan pasar-pasar lain di kota Bitung,” kata Karamoy.

Dalam dialog para Pedagang meminta pemerintah menyediakan sarana transportasi, dalam hal ini trayek angkutan kota menuju Pasar Induk Sagerat. ” Kalau tidak ada trayek angkutan kota yang melewati Pasar Induk Sagerat, kami memilih tetap bertahan di Pasar Girian,” kata seorang pedagang bernama Risman.

“Kami meminta pemerintah mengerti kondisi pedagang yang baru pindah, dengan menurunkan tarif sewa kios atau lapak,” tambahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s