Publik tunggu tindak lanjut KPK dari transaksi mencurigakan

image: berita plasa
Bitungnews, Jakarta – SALAH satu laporan hasil analisis (LHA) transaksi mencurigakan yang diserahkan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkaitan dengan kasus dugaan penyuapan di Buol, Sulawesi Tengah.

“LHA terkait kasus Buol ada dan sudah PPATK sampaikan kepada pihak KPK,” kata Wakil Kepala PPATK Agus Santoso saat dihubungi gresnews.com, Sabtu (28/7/2012).

Namun, Agus enggan berkomentar ketika ditanyakan apakah transaksi keuangan mencurigakan itu berkaitan dengan Hartati Murdaya dan perusahaannya, PT Hardaya Inti Plantation dan PT Cipta Cakra Murdaya. “Saya tidak hafal, Mas,” ujarnya.

Kepala PPATK Muhammad Yusuf kepada gresnews.com hanya mengatakan, “Saya belum cek.”

Jumat, 27 Juli 2012, KPK memeriksa Hartati Murdaya selama kurang lebih 12 jam berkaitan dengan penyidikan perkara suap terhadap Bupati Buol Amran Batalipu. Suap Rp3 miliar diduga diberikan untuk memuluskan pengurusan Hak Guna Usaha perkebunan kelapa sawit. Namun, Hartati membantah hal itu. Pengacara Hartati, Patra Zen, belum memberikan jawaban melalu pesan singkat dan telepon dari gresnews.com, Sabtu (28/7/2012).

PPATK melansir data, Kamis, jumlah kumulatif laporan transaksi keuangan mencurigakan (LTKM) dari 2008 hingga Juni 2012 sebanyak 96.731. Sebanyak 54,8% disampaikan oleh penyedia jasa keuangan (PJK) bank dan 45,2% lainnya oleh PJK non-bank.

Jumlah LTKM periode Januari sampai Juni tahun ini mencapai 12.585, rata-rata 2.097 per bulan.

Salah satu hasil analisis yang dilaporkan ke KPK adalah transaksi mencurigakan 10 anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto pernah mengungkapkan terdapat transaksi keuangan kepada sejumlah pihak yang berkaitan dengan proyek Hambalang, namun, saat perkara itu mencuat ke publik, dana itu ditarik kembali.(source; gresnews.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s