Sering Ditangkap, Satwa di Pulau Morotai Terancam Punah

Bitungnews,Ternate- Sejumlah pemerhati satwa di Maluku Utara (Malut) menilai, satwa yang dilindungi seperti jenis burung nuri dan kakaktua di Kabupaten Pulau Morotai, kini terancam punah. Hal itu terkait maraknya penangkapan satwa oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Satwa seperti burung nuri dan kakaktua harus dilindungi. Caranya, yaitu dengan memperketat larangan pengambilan oleh oknum tak bertanggung jawab, yang mengkomersialkan burung tersebut. Demikian hal itu dikatakan salah seorang pemerhati Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia, Malut, Iki Darmin, di Ternate, Ahad (15/7).

Iki Darmin mengatakan, ada sekitar ratusan burung nuri dan kakaktua yang ditangkap dan banyak dipelihara serta dibawa ke luar daerah. Kalau hal itu dibiarkan, maka hewan-hewan tersebut akan mengalami kepunahan.

Iki juga menyesalkan sikap pemda setempat yang belum mau membuat Perda untuk bisa melindungi satwa yang dilindungi di kabupaten Pulau Morotai.

“Sebab kalau hal itu dibiarkan bisa berakibat binatang khas Pulau Morotai bisa habis dan punah, karena tindakan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab selalu leluasa menangkap burung-burung tersebut untuk dibawa keluar dari Pulau Morotai,” katanya.

Mengenai kurangnya perlindungan terhadap berbagai satwa di Malut, menurut Darmin, di Kota Ternate misalnya, ditemukan lebih dari setengah daerah penting burung di Indonesia yang berada di luar jaringan kawasan perlindungan, termasuk di Danau Tolire, Kota Ternate.

Untuk itu, Danau Tolire menjadi sangat penting sebagai lokasi atau habitat terbaik keragaman hayati di Ternate dan menjadi satu-satunya kawasan di Pulau Ternate yang masih memiliki hutan primer dengan dataran rendah yang cukup baik bagi berbagai jenis burung yang hidup di daerah tersebut.ant/metrotvnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s