INTIP LAWAN: Mario Balotelli Vs. Sergio Ramos: Adu Fisik

Ramos yang tampil garang di lini belakang Spanyol akan berhadapan dengan Balotelli yang tengah on-fire.

image: getty
Bitungnews – Cedera panjang yang dialami Giuseppe Rossi sempat membuat Italia ketar-ketir menghadapi Euro 2012. Belum lagi, Antonio Cassano juga diragukan tampil setelah menjalani operasi jantung akhir tahun lalu.

Praktis, allenatore Cesare Prandelli tinggal mengandalkan Mario Balotelli, Sebastian Giovinco, dan penyerang veteran Antonio Di Natale. Beruntung, Cassano dinyatakan pulih dan siap tampil di turnamen terakbar antarnegara Eropa.

Sejak pertandingan pertama versus Spanyol di penyisihan Grup C, Prandelli memercayakan duet Balotelli dan Cassano di lini depan. Sayang, keduanya menyia-nyiakan banyak peluang di depan gawang dan Italia pun harus puas dengan hasil imbang 1-1 meski unggul lebih dulu lewat pemain pengganti Antonio Di Natale.

Kritik untuk striker Manchester City itu terus mengalir setelah dia kembali tampil tidak memuaskan pada laga berikut kontra Kroasia. Mendapat lima kesempatan emas, tidak ada satu pun yang berhasil menembus jala kiper Kroasia Pletikosa.

Prandelli pun memutuskan membangkucadangkan Balotelli di partai penentuan melawan Republik Irlandia. Masuk di sisa 15 menit pertandingan menggantikan Di Natale, Balotelli justru “memanas”. Setelah berkali-kali menebar ancaman ke jantung pertahanan Irlandia, Super Mario akhirnya membuka rekening gol. Tendangan kaki kirinya yang memanfaatkan crossing Alessandro Diamanti gagal dibendung Shay Given.

Sejak saat itulah kepercayaan diri Balotelli kembali meningkat. Dan, meski tidak mampu menaklukkan rekan setimnya, Joe Hart, di waktu normal dan tambahan waktu 2×15 menit pada laga perempat-final versus Inggris, Balotelli tampil cukup memuaskan dengan catatan 10 tendangan yang dilakukan eks FC Internazionale ini. Dia juga sukses membayar kepercayaan Prandelli yang menunjuknya sebagai penendang pertama dalam drama adu penalti.

Puncaknya, adalah ketika aksi pemain 21 tahun ini gagal dibendung barisan belakang Jerman di semi-final. Dua gol cantik dilesakkan Balotelli di babak pertama ke gawang Manuel Neuer. Balotelli berhasil tampil efektif di laga sengit tersebut karena dua golnya diciptakan dari dua tendangan ke arah gawang. Puja-puji pun langsung mengalir kepada pemain keuturunan Ghana ini. Balotelli akan kembali menjadi tumpuan Gli Azzurri di partai final melawan juara bertahan La Furia Roja.

Tapi, lini belakang Spanyol tak akan membiarkan Balotelli dengan mudah masuk ke area terlarang. Terlebih Sergio Ramos kerap tampil garang di barisan terakhir skuat besutan Vicente Del Bosque. Walau penampilannya kurang meyakinkan di pertemuan pertama kontra La Nazionale, Ramos terus menunjukkan perkembangan di empat laga berikutnya.

Padahal tadinya, banyak pihak mencemaskan duet Gerard Pique dan Ramos akan terpengaruh persaingan Barcelona dan Real Madrid di level klub. Namun, Ramos membuktikan diri mampu tampil profesional saat mengusung bendera Spanyol.

Penampilannya yang paling menonjol ketika sukses mematikan pergerakan rekan setimya, Karim Benzema, pada perempat-final kontra Prancis. Benzema dibuat tak berkutik saat memasuki area pertahanan Tim Matador. Dan, dengan tinggi 183 cm Ramos juga tercatat sering memenangi duel-duel di udara.

Pemain 26 tahun ini kembali membuat frustrasi penyerang papan atas lainnya, Cristiano Ronaldo. Ramos tak memberikan banyak ruang terhadap kapten Portugal itu sehingga memaksanya melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Ronaldo juga harus jatuh bangun menghadapi tekel-tekel Ramos ketika mencoba membuka peluang. Secara keseluruhan, Ramos memiliki akurasi passing cukup memuaskan yakni mencapai 91,9 persen.

Jadi, mampukah Ramos menghalau ancaman Balotelli yang tengah dalam kepercayaan diri tinggi sekaligus mencari tambahan gol demi merebut sepatu emas? (source: goal.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s