2 Cangkir Kopi Sehari Turunkan Risiko Gagal Jantung

image by: dokterumum.net
Tapi bila dikonsumsi lima cangkir atau lebih dalam sehari justru akan berdampak buruk bagi jantung.

Mengonsumsi dua cangkir kopi sehari bisa membantu menjaga jantung tetap sehat.

Demikian hasil penelitian terkini yang dilakukan oleh peneliti dari Amerika Serikat.

40 persen dari mereka yang meninggal setelah satu tahun didiagnosis, gagal jantung memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih buruk dari penderita kanker.

Penelitian terbaru yang dilakukan para peneliti AS menunjukkan, bahwa secara rutin minum kopi dalam jumlah sedang dapat mengurangi kemungkinan masalah jantung – meskipun terlalu banyak bisa menjadi kontra-produktif.

Kopi, kata para ilmuwan, dapat melindungi orang terhadap gagal jantung dengan mengurangi kemungkinan mengembangkan diabetes.

Sejalan dengan lima penelitian sebelumnya yang melibatkan hampir 150.000 lelaki dan perempuan, penelitian terkini menunjukkan, bahwa mereka yang menikmati satu atau dua cangkir kopi sehari, 11 persen lebih rendah untuk mengembangkan gagal jantung dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

Namun minum lima atau lebih cangkir sehari justru berakibat buruk bagi jantung, laporan jurnal Circulation Kegagalan Jantung.

Meski para peneliti belum yakin mengapa kopi bisa mengurangi kemungkinan gagal jantung, di mana organ – yang dilemahkan oleh serangan jantung atau gangguan lainnya — berjuang untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Mereka mengatakan, itu mungkin karena kopi mampu mengurangi kemungkinan tekanan darah tinggi dan diabetes, dimana kedua hal ini dapat mengurangi risiko gagal jantung.

Dr Murray Mittleman, peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, mengatakan: “Hal ini cukup beralasan bahwa mengurangi kemungkinan seseorang terkena salah satu dari diabetes dan tekanan darah tinggi, pada gilirannya dapat mengurangi kesempatan seseorang mengalami gagal jantung.”

Elizabeth Mostofsky menambahkan, temuan ini merupakan kabar baik bagi peminum kopi. (source: daily mail/beritasatu.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s