KLM tempuh Amsterdam-Rio de Janeiro dengan minyak jelantah untuk Boeing 777-200

Bitungnews – MINYAK jelantah bukan barang asing bagi rakyat, khususnya kaum ibu. Minyak jelantah adalah minyak limbah yang bisa berasal dari jenis-jenis minyak goreng seperti minyak jagung, minyak sayur, minyak samin dan sebagainya.

Minyak jelantah dikenal sebagai minyak bekas pemakaian kebutuhan rumah tangga umumnya, tapi dapat digunakan kembali untuk keperluan kuliner.

Minyak jelantah juga dikenal sebagai minyak sayur yang dikembangkan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor yang dikenal sebagai biodiesel.

Penggunaan minyak jelantah atau biodiesel ternyata tidak terbatas pada mobil bermesin diesel saja. KLM bahkan menggunakan minyak jelantah untuk menerbangkan pesawatnya dari Amsterdam ke Rio de Janerio.

Penerbangan KL705 yang berjarak 9.500 km tersebut ditempuh dengan pesawat Boeing 777-200, seperti dikutip GreenAir.

Penerbangan jarak jauh tersebut menggunakan minyak jelantah yang disuplai oleh SkyNRG, sebuah perusahaan yang didirikan KLM pada tahun 2009 bersama dengan North Sea Group dan Spring Associates.

Diharapkan akan semakin banyak maskapai penerbangan dan bahkan pihak militer yang bisa mengikuti langkah KLM, termasuk maskapai penerbangan di Indonesia.(gresnews.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s