Jokowi: Kawasan Kumuh Ditata, Bukan Digusur

Jokowi berdialog dengan warga Tanah Abang (kompas)
Bitungnews, JAKARTA – Sepanjang hari berkampanye, calon gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Gerindra, Joko Widodo, mengunjungi lokasi-lokasi padat penduduk di Ibu Kota. Melihat kondisi tersebut, ia berencana memperbaiki daerah padat penduduk tersebut.

“Waktu itu ada proyek MH Thamrin yang dibuat oleh Ali Sadikin. Itu bagus, tapi pendekatannya yang harus lebih manusiawi,” kata Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, saat dijumpai di Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, Senin (25/6/2012).

Semasa Ali Sadikin menjabat sebagai orang nomor satu di Jakarta, ia menggagas proyek MH Thamrin dengan menertibkan permukiman kumuh yang bermanfaat bagi masyarakat bawah. Kebijakan tersebut dijalankan dengan melakukan rekayasa teknis, arsitektural, dan penataan landskap. Namun, gagasan tersebut tidak berlanjut pada masa-masa setelahnya. Itu dibuktikan dengan semakin banyaknya pemukiman kumuh yang padat penduduk tumbuh di tengah Kota Jakarta.

“Kalau ada sebuah kawasan kumuh, ya kemudian djadikan baik, itu yang benar. Tapi kalau digusur, itu yang tidak benar,” kata Jokowi.

Ia berinisiatif untuk memperbaiki tata ruang Jakarta sekaligus memperbaiki rumah-rumah di lokasi padat penduduk, seperti yang ada di Tanah Tinggi. Menurutnya, hal tersebut dapat dilakukan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengingat besarnya anggaran yang dimiliki oleh Jakarta. “Untuk perbaiki tata ruang dan rumah-rumah ini, ya itu ada duitnya Rp 140 triliun dari APBD selama lima tahun. Itu lebih dari cukup. Ke depan bahkan bisa Rp 180 triliun,” ujarnya. (source: kompas.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s